Tips Sehat Sebelum Pergi Haji untuk Anda

Tips Sehat Sebelum Pergi Haji – Sebagai seorang muslim yang sudah berusia baligh / dewasa diwajibkan atasnya mengerjakan rukun Islam yang kelima yaitu pergi Haji bila mampu.

Tips Sehat Sebelum Pegi Haji

Haji dilaksanakan di Arab Saudi yang sebagian besar kegiatannya dilakukan di Majidil Haram. Dalam pelaksanaannya, haji membutuhkan fisik yang kuat agar semua rangkaian tata caranya bisa dilakukan dengan sempurna.

Nah, bagi Anda yang akan mengerjakan rukun Islam kelima ini (haji), berikut tips sehat sebelum pergi haji yang harus dilakukan agar kekuatan fisik selama berhaji tetap terjaga.

Tips Sehat Sebelum Pergi Haji yang Harus Anda Lakukan

1. Melakukan General Check Up

Sebelum Anda melaksanakan ibadah Haji, maka Anda wajib melakukan general check up atau pengecekan secara menyeluruh. Cara ini dilakukan agar Anda tahu apakah tubuh Anda dalam kondisi sehat atau sedang terjangkit virus atau memiliki potensi virus yang tidak hanya dapat merugikan diri Anda sendiri namun juga orang lain.

Pengecekan tubuh ini juga akan dibutuhkan untuk membuat surat kuning atau surat kesehatan yang nantinya harus dilampirkan sebagai salah satu syarat dokumen agar dapat berangkat haji. Jika dalam surat tersebut Anda memiliki penyakit yang belum bisa disembuhkan dan menular, maka Anda tidak akan dapat berangkat. Sedangkan jika Anda sehat, atau setidaknya mengobatinya ketika terdeteksi dan bisa sembuh, Anda dapat berangkat haji sesuai dengan jadwal keberangkatan.

2. Melakukan Vaksinasi

Tidak hanya cukup melakukan general check up, Anda juga harus melakukan vaksinasi terlebih dahulu sebelum berangkat. Vaksinasi merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh Jemaah haji yang berangkat untuk melaksanakan rukun Islam ke-5 tersebut. Tujuannya yaitu untuk mencegah penularan bakteri ganas ketika haji sedang berlangsung.

Sebelum melaksanakan vaksinasi, ada baiknya jika Anda mengecek alergi terlebih dahulu. Ditakutkan vaksin  yang disuntikkan ke tubuh Anda justru memicu Anda mengalami alergi yang dapat memperburuk kondisi tubuh Anda dan membuat Anda tidak dapat berangkat haji sesuai dengan jadwal keberangkatan yang sudah ditentukan sebelumnya oleh pemerintah.

Bukan tidak mungkin walaupun sudah melakukan general check up dan hasilnya negatif, ada Jemaah yang kemudian sakit sewaktu perjalanan dan membawa penyakit yang menular. Karena hal tersebut, selain vaksinasi, ada baiknya jika Anda juga menjaga makanan dan minuman serta menggunakan masker ketika Anda sedang flu atau batuk agar tidak menular ke Jemaah haji yang lainnya.

3. Melakukan Aktivitas Fisik/Olahraga

Untuk melaksanakan ibadah haji, Anda tidak hanya harus mempersiapkan mental namun juga fisik. Hal ini disebabkan karena ibadah haji sangat mengandalkan kekuatan fisik, misalnya tawaf yang mengharuskan Anda berkeliling ka’bah. Anda memang dapat menggunakan fasilitas seperti kursi roda, namun akan lebih baik dan leluasa jika Anda sehat sehingga Anda dapat melakukan ibadah dengan lebih khusyuk.

Untuk menempa agar memiliki tubuh atau fisik yang bagus agar tubuh Anda dapat lebih mudah melakukan penyesuaian ketika ibadah haji terlaksana, maka Anda dapat memulai olahraga secara rutin. Anda bisa memulainya dari jogging ataupun naik turun tangga. Bisa juga menaikkan stamina dengan senam secara rutin terutama untuk Anda yang berusia lanjut agar kondisi tubuh tetap fit.

Dalam melaksanakan olahraga untuk memperkuat fisik Anda sebelum ibadah haji, sebaiknya Anda melakukanya dalam jangka panjang dan tidak terlalu ekstrim. Misalnya tidak melakukan lari selama 1 jam setiap harinya terutama jika Anda tidak terbiasa berolahraga sebelumnya. Anda dapat menyusun pola olahraga yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi tubuh Anda.

Agar tubuh Anda mengalami penyesuaian, Anda dapat mencoba olahraga dengan intensitas yang rendah terlebih dahulu. Setelah dirasa tubuh Anda kuat, Anda dapat melakukan olahraga yang intensitasnya cukup berat misalnya lari 1 km. Jangan lupa untuk memberikan istirahat pada tubuh Anda misalnya 1 hari setelah berolahraga agar otot Anda tidak cidera dan Anda tetap bisa menunaikan ibadah haji.

4. Menerapkan Pola Makan Sehat

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, Anda tidak hanya harus berolahraga namun juga harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Misalnya jenis buah yang mengandung vitamin C agar Anda memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga tidak mudah terkena penyakit menular.

Pola makan sehat tersebut juga dapat membantu untuk memiliki tubuh yang sehat setelah berhaji, misalnya menurunkan resiko terkena penyakit store, kolesterol, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Jika Anda memiliki penyakit serius dan memiliki makanan yang menjadi pantangan, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar makanan dan minuman yang Anda konsumsi tersebut tidak memiliki dampak yang buruk untuk tubuh Anda.

Jika Anda memiliki tubuh dengan berat badan yang berlebih, mengkonsumsi makanan sehat dapat membuat Anda menurunkan berat badan, sehingga badan Anda akan menjadi lebih enteng dan memungkinkan Anda untuk lebih dapat bergerak dengan bebas.


Itulah beberap tips sehat sebelum pergi haji yang harus Anda lakukan. Semoga bermanfaat dan membuat Anda lebih khusyuk saat menunaikan ibadah haji!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *