Seputar Program Haji Plus yang Harus Anda Ketahui

Haji Plus – Melaksanakan ibadah haji merupakan dambaan semua umat muslim, karena ibadah haji termasuk dari lima rukun Islam yang wajib dilakukan seorang muslim berusia baligh paling tidak satu kali seumur hidupnya bila mampu.

Peminat haji dari tahun ketahun terus meningkat, hal ini bisa dilihat dari daftar tunggu haji di Indonesia yang semakin hari semakin menumpuk.

Sebagai negara muslim terbesar dunia, Indonesia mendapatkan kuota haji lebih terbesar dari negar-negara muslim lainya. Saat ini kuota haji Indonesia berjumlah 221.000. Namun, walaupun menadapat kuota haji terbesar tetap belum mampu mengimbangi banyaknya peminat haji.

Update tahun 2019 masa tunggu keberangkatan haji di Indonesia paling cepat 9-10 tahun setalah calon jamaah haji melakukan pendaftaran. Wau, durasi waktu yang cukup lama.

Namun, jika Anda ingin pergi haji lebih cepat dari daftar tunggu haji reguler tersebut, program haji plus bisa menjadi pilihan.

Haji Plus

Apa Itu Haji Plus?

Haji Plus adalah program haji yang diselenggarakan pihak swasta atau biro travel Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang memiliki izin resmi dari Kementerian Agama Repulik Indonesia.

Walaupun ditangani biro travel / PIHK proses pelaksanaan haji khusus plus tetap dalam pengawasan pemerintah RI melalui Kemenag (Kementerian Agama) sehingga keamanan dan kenyaman jamah tetap terjamin.

Adanya program haji plus ini menjadi solusi bagi meraka yang ingin pergi haji lebih cepat dari program haji reguler. Namun, program haji plus ini tidak semua calon haji bisa menikmatinya, karena aterbentur oleh biaya yang cukup mahal atau sekita 3 kali lipat dari biaya haji reguler.

Biaya Haji Plus dari Alhijaz Indowisata

Biaya Haji /org : $ 11.000 (Quad)
Hotel di Mekah : Zam-zam Tower /setaraf
Hotel di Madinah : Araq Aqeeq /setaraf
Armina : Tenda AC
Pesawat : Saudia (SV) / Garuda (GA)
Sumber info : www.travelalhijaz.id

Kelebihan Program Haji Plus

Dibalik mahalnya biaya paket haji plus tersebut ada sejumlah kelebihan yang akan didapat calon jamaah, diatarnya yaitu:

Pertama. Waiting List atau daftar tunggu lebih singkat dibanding program reguler. Jika masa tunggu program haji reguler paling cepat 9-10 tahun, maka haji plus hanya membutuhkan waktu 5-7 tahun untuk menunggu.

Kedua. Tempat menginap di Mekah dan Madinah lebih dekat dengan tempat ibadah, karena medapatkan fasilitas hotel bintang 5. Dengan begitu para jamaah akan lebih leluasa dan maksimal dalam mengerjakan baik yang wajib ataupun yang sunnah.

Ketiga. Saat di Arafah menempati maktab VIP sehingga jamaah haji khusus plus akan mendapatkan pelayanan yang maksimal.

Kemepat. Konsumsi makanan 3 kali sehari akan ditanggung sepenuhnya oleh Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Pendaftaran Haji Plus

Proses pendaftaran haji plus tidak harus menyesuaikan domisili di Kartu Tanda Pengenal (KTP) seperti halnya jika ingin mendaftar haji reguler. Itu artinya pendaftaran haji plus bisa dilakukan di daeran NKRI bagian mana saja sesuai keinginan.

Berhunbung program haji plus ini di selenggarakan biro travel haji maka pendaftaranya melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang ditunjuk resmi oleh Kemenag.

Persyaratan Daftar Haji Plus

1. Membayar DP sebesar 5.000 USD
2. Foto Copy Kartu Tanda Pengenal (KTP)
3. Foto Copy Kartu Keluarga (KK)
4. Buku Nikah / Akte
5. Pass Foto 4×6=15 lbr dan 3×4=20 lbr.

Tips Memilih Travel Haji Plus Terpercaya

Jika Anda sudah memantapkan hati untuk pergi haji melalu program haji yang diselenggarakan PIHK (haji khusus). Berikut tips memilih travel haji plus terpercaya agar perjalanan ibadah Anda berjalan lancar tanpa kendala yang berarti:

Pastikan biro travel haji sudah mengantongi izin khusus dari Kementerian Agama RI (Kemenag). Izin ini merupakan tanda bahwah travel haji yang akan dipilih sudah dipercaya pemerintah atas prestasi dalam memberangkatkan jamaah haji sebelum-sebelumnya.

Pastikan pihak travel Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) dipilih sudah memiliki pengalaman dalam proses memberangkatkan jamaah haji khusus / plus ditahun-tahun sebelumnya.

Pastikan pihak travel Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) tidak meminta melunasi biaya ibadah haji khusus / plus, karan pada umumnya pelunasan biaya haji harus menunggu pengumuan dari Kementerian Agama di tahun keberangkatan.

Pastikan Anda mendapatkan bukti pembayaran DP atau setoran awal dari travel Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Hal ini untuk mengetahui apakan uang DP yang Anda sentor benar-benar diteruskan ke Kemenag RI. Jika benar, Anda akan mendapatkan bukti setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang resmi diterbitkan Kementerian Agama RI.

Itulah beberapa hal seputar program haji khusus / plus. Semoga bisa menambah pengetahuan, khususnya bagi Anda yang masih awam tentang program haji yang satu ini.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *