Destinasi Wisata di Mekah yang Recommended

Destinasi Wisata di Mekah – Setelah menunaikan ibadah haji atau umroh, para jamaah bisanya menyempatkan diri untuk mendatangi beberapa destinasi wisata di Mekah, seperti Goa Hiro, Jabal Tsur, Jabal Ramhah, Gunung Uhud, Masjid Quba dll.

Nah, bila mana Anda belum mengetahui destinasi wisata yang ada di Mekah Al-Mukarramah tersebut, berikut penjelasan singkatnya untuk Anda:

Destinasi Wisata di Mekah

10 Destinasi Wisata di Mekah

1. Museum Haramain Mekah
Museum dengan jarak tempuh 20 menit dari Masjid Haram melalui angkutan kendaraan bus, museum ini mengusung tema penggambaran kebudayaan dari negeri Arab Saudi. Museum Haramain ini juga sering disebut sebagai Museum Mekah karena ketenarannya, berisikan tentang berbagai hal mengenai situs islam di Arab Saudi.

Museum ini didominasi berbagai bangunan religius bersejarah dari zaman dahulu, mulai dari adanya desain miniatur bangunan serta terdapat penjelasan mengenai metode pembangunan tersebut. Ada juga di dalam museum terdapat pameran berupa material dari pembuatan Masjid Nabawi dan Masjid Haram sehingga pengunjung dapat melihat secara detail dari pola masjid. Dan terdapat juga pintu Kabah terbuat dari emas 24 karat di dalam museum ini.

2. Jabal Tsur
Bukit bernilai sejarah menjadi pemikat untuk para jamaah, jabal tsur yakni berupa bukit dengan 3 puncak saling berdekatan dan saling menyambung. Bukit ini juga dinilai sebagai salah satu destinasi karena termasuk sebagai bukit tertinggi yang berada di Kota Mekah.

Nilai pembelajaran dari bukit ini terletak pada sisi puncak bukit berupa bentuk gua menjadikannya akan kental nilai sejarah, yakni sebagai tempat Rasulullah dan Abu Bakar melaksanakan hijrah dari kejaran kaum kafir Quraisy ke Madinah. Serta adanya pemandangan tak biasa saat sudah berada di puncak yaitu pemandangan Kota Mekah yang menawan dari atas bukit.

3. Jabal Rahmah
Tepat berada di atas Padang Arafah sehingga menjadikan tempat ini penting untuk melaksanakan ibadah wukuf peserta haji. Tempat tersebut dinilai sangat penting dalam sejarah umat islam karena tempat ini merupakan pertemuan dari Nabi Adam dan Siti Hawa pertama kali setelah terpisah ratusan tahun lamanya dari semenjak diusir dari surga.

Pada bagian atas terdapat bangunan sebuah tugu sebagai pertanda tempat pertemuan antara Nabi Adam dan Siti Hawa. Dinilai sebagai tempat untuk berdoa, tempat ini dinilai juga memiliki pemandangan kota dari atas bukit. Namun terdapat banyak coretan di tugu monumen sangat disayangkan oleh para wisatawan.

4. Jannat Al- Baqi
Sebagai tempat mengubur para kerabat dan saudara Nabi Muhammad yakni ibu mertua, kakek, serta kerabat lainnya menjadikan tempat ini memiliki sekitar 7.000 sahabat nabi terkubur di sana. Namun dulu juga tempat ini juga sebagai tempat untuk mengubur para jamaah haji atau umroh yang meninggal saat melakukan ibadah ke tanah suci.

Jannat Al-Baqi juga memiliki pemandangan indah saat melakukan wisata bersejarah. Para jamaah dibimbing di tempat ini sebagai tempat untuk mengingat kematian serta banyak orang besar dalam sejarah islam yang meninggal dan dikuburkan di tempat ini.

5. Gunung Uhud
Berada di utara Madinah dan memiliki ketinggian sekitar 350 meter, tempat ini disebut sebagai tempat terjadinya lokasi perang antara kaum umat islam serta tentara Quraisy pada 15 Syawal 3 Hijriah atau pada Maret 625 Masehi dengan sebutan Perang Uhud. Di sini berisikan makam syuhada juga terdapat kawasan Masjid Al- Fash sebagai tempat Nabi Muhammad melaksanakan sholat dzuhur setelah peperangan selesai.

6. Masjid Quba
Masjid ini sebagai tempat dilaksanakan ibadah untuk jamaah haji dan umroh saat menjalankan wukuf dan saat dilakukan sholat masjid ini sering memberikan ceramah- ceramah untuk para jamaah. Masjid ini sendiri merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad pada 1 Hijriyah atau pada 622 Masehi di Quba.

Memiliki 3 pintu keluar para jamaah. Masjid ini sendiri merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad pada 1 Hijriyah atau pada 622 Masehi di Quba. Memiliki 3 pintu keluar para jamaah, satu pintu untuk digunakan jamaah wanita, dan dua pintu lainnya u untuk jamaah pria. Juga memiliki ruang belajar mengajar di bagian ruang utama juga.

7. Goa Hira
Memiliki tanjakan curam serta berada di perbukitan dan tebing, goa ini merupakan tempat Nabi Muhammad menerima wahyu pertama kali melalui Malaikat Jibril. Dengan medan tersebut jamaah harus memiliki fisik kuat untuk mencapainya.

8. Pasar Zakfariah
Terletak 1 kilometer dari Masjid Haram menjadikan tempat ini terkenal sebagai tempat berbelanja para jamaah. Menjadi pasar yang menyediakan segala keperluan untuk jamaah di tempat ibadah maupun untuk oleh- oleh ketika pulang ke asal. Namun sebagai pengingat perlu adanya list apa yang dibeli sehingga memudahkan agar tidak terganggu proses ibadah dan tidak boros.

9. Giant Clock Tower Menara Abraj Al Bait
Ketinggian 600 meter dengan diameter 40 meter menjadikan jam in sebagai jam terbesar di dunia setelah mengalahkan Cevahir Mall di Istanbul dengan diameter 36 meter. Jam ini merupakan ikon dari Arab Saudi karena bisa dilihat dari jauh, jam ini juga mengalahkan menara Big Ben di London dengan diameter 23 meter dan sentuhan ornamen bulan sabit emas super besar.

10. Suquq Lail
Yakni di kaki Gunung Abi Qubais kampung Suqul- Lail, Mekah merupakan tempat Nabi Muhammad lahir, dijadikan sebagai perpustakaan umum dengan bertuliskan Maktabah Makkah Al- Mukarramah artinya Perpustakaan Mekah Al- Mukarramah. Pada 1950 tempat ini dijadikan wakaf perpustakaan dari permintaan Sheikh Abbas Al- Qattan selaku gubernur Mekah kala itu.

Itulah beberapa destinasi wisata di Mekah yang biasa dikunjungi para jamaah haji dan umroh.

Semoga kita semua mampukan Allah Swt. untuk segera melaksanakan ibadah haji ataupun umroh, sehingga bisa mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Mekah tersebut. Aamiin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *